Tuesday, November 27, 2012

Tingkat Bunga Pinjaman Bilateral Ke Yunani Akan Dikurangi


Dari Eropa dilaporkan, Menteri keuangan zona Eropa sepakat untuk menurunkan tingkat suku bunga yang dikenakan pada pinjaman yang dibuat untuk Yunani dan untuk mengembalikan keuntungan yang dibuat terhadap obligasi Yunani oleh Bank Sentral Eropa untuk Athena, yang memungkinkan negara itu untuk memangkas hutangnya.
Para menteri tersebut sepakat bahwa tingkat bunga pinjaman bilateral ke Yunani akan dikurangi sebanyak 100 basis poin menjadi 50 basis poin di atas biaya pendanaan saat Athena telah mencapai surplus primer sebesar 4.5 persen dari GDP, dikatakan sebuah sumber yang memiliki informasi mengenai kesepakatan tersebut.
17 menteri keuangan zona Eropa juga sepakat bahwa keuntungan yang dimiliki oleh ECB di bawah Securities Market Programme akan dikembalikan oleh bank sentral Eropa kepada Athena, mengurangi tumpukan hutang Yunani Sebanyak 11 miliar Euro, dikataakan para petinggi di pertemuan itu.
Fasilitas Pinjaman Yunani (Greek Loan Facility) akan diturunkan sebesar 100 bps saat Yunani mencapai surplus primer sebesar 4.5 persen. SMP (Securities Market Programme) akan menjadi sekitar 11 miliar euro.
Tujuan keseluruhan dari langkah yang diambil adalah untuk memangkas hutang Yunani sebesar 40 miliar euro pada 2020 sehingga rasio utang terhadap PDB (GDP) yang dipotong dari 144 persen saat ini diperkirakan mencapai target 124 persen.

No comments:

Post a Comment