Thursday, November 29, 2012

Aussie Masih Sebagai Safe Haven


Tampaknya Pergerakan berbagai mata uang relative minim seiring minimnya data ekonomi yang dirilsi dan berita baru terkait geopolitik menyebabkan mata uang berisiko memasuki fase konsolidasi dalam kisaran yang cukup sempit sejak sesi Eropa hari ini.
Cross rate Yen Jepang merupakan salah satu penggerak terbesar untuk pairing USD/JPY melanjutkan koreksi ke 81.70 setelah sempat reli ke 82.20 sejak sesi Eropa.
Media lokal Jepang melaporkan bahwa pemerintah berpotensi untuk mengumumkan paket stimulus berikutnay senilai 880 milyar Yen pada hari Jumat ini, namun berita tersebut masih dihiraukan oleh para pelaku pasar seiring aksi profit taking yang tetap berlanjut akibat kecemasan jurang fiskal yang terpicu oleh komentar pimpinan mayoritas Senat AS, Harry Reid kemarin.
Secara terpisah, mata uang Aussie masih menjadi satu-satunya mata uang berisiko yang cukup stabil sementara Euro dan Sterling merosot tajam.

Fakta ini mengindikasikan bahwa mata uang Aussie masih menikmati arus safe haven seiring situasi politik di kawasan lainnya masih tidak menentu.
Selanjutnya para investor masih menunggu laporan New Home Sales dan laporan Beige Book yang dapat menyediakan topangan lebih lanjut, bagaimanapun jika para pemangku kebijakan AS masih mengalami kebuntuan, maka laju pengalihan resiko / risk aversion kemungkinan akan bertambah sehingga menekan berbagai mata uang lainnya termasuk Aussie

No comments:

Post a Comment