Wednesday, November 21, 2012

Yunani belum dapat kucuran dana


Strategydesk - Para menteri keuangan gagal mencapai kesepakatan mengenai cara penangangan utang Yunani dan akan bertemu lagi Senin depan, menyusul pertemuan 11 jam.
Dalam pernyatannya, Eurogroup mengatakan belum ada kesepakatan dan mereka akan bertemu lagi Senin depan untuk membahas masalah teknis mengenai elemen paket bantuan. Para menteri  membuka pertemuan itu dengan optimis kesepakatan dapat dihasilkan untuk mengucurkan bailout Yunani dan menyelesaikan perselisihan dengan IMF soal target utang Yunani.
Gagalnya pembicaraan ini berarti Yunani masih harus menunggu untuk mendapatkan kucuran dana 31,5 miliar, yang dibutuhkannya untuk mencegah default. Presiden Eurogroup Jean-Claude Juncker mengatakan ia belum bisa memastikan kapan Yunani akan mendapat kucuran dana. Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble mengatakan Eurogroup punya serangkaian opsi yang sedang dibahas, tapi karena masalahnya kompleks, mereka belum menemukan keputusan yang tepat.
Ada perselisihan pendapat antara Uni Eropa dan IMF mengenai bagaimana menurunkan utang Yunani. Para menteri zona euro ingin Yunani mendapat tambahan waktu dua tahun menjadi 2022, untuk menurunkan level utangnya ke 120% PDB. Hal ini karena utang Yunani diperkirakan mencapai 190% PDB tahun depan. Namun IMF menolak usulan itu. Sejauh ini, Yunani telah menerima 149 miliar euro dana bailout dari 240 miliar euro yang disepakati.

No comments:

Post a Comment