Wednesday, November 21, 2012

Perekonomian AS Rusak Oleh Ketidak Pasatian Masalah Fiskal


Gubernur Federal Reserve AS, Ben Bernanke, mendesak Presiden Barack Obama dan anggota Kongresdari Partai Republik untuk segera menemukan kesepakatan langkah-langkah ‘kreatif’ yang baru guna menghindari jurang fiskal.
Dalam pidato pada acara New York Economic Club, Bernanke mengatakan bahwa pemulihan ekonomi telah rusak  oleh ketidakpastian kebijakan fiskal AS. Bernanke juga memperingatkan anggota parlemen untuk tidak mengulangi perdebatan mengenai plafon hutang federal.
Tanpa adanya kompromi baru antara Gedung Putih dan Kongres tentang ‘fiscal cliff’, program pemangkasan belanja sekitar $500 milyar dan kenaikan pajak akan mulai diberlakukan pada awal 2013. Para ekonom telah memperingatkan jika AS bisa tergelincir kembali ke dalam jurang resesi jika masalah fiskal ini tidak dapat ditangani sebelum akhir tahun.
Bernanke juga mengatakan jika pasar tenaga kerja AS masih jauh dari kondisi sehat, yang mensinyalkan jika Fed masih belum akan mempertimbangkan penghentian program pelonggaran kuantitatif mereka.

Sementara data terbaru menunjukan, Pembangunan rumah di AS berhasil menyentuh level tertinggi dalam lebih dari 4-tahun pada bulan Oktober, yang menunjukkan jika pemulihan pasar perumahan tengah mendapatkan momentum. Kendati demikian ijin pembangunan justru memperlihatkan penurunan pada bulan yang sama.
Sedang laporan Departemen Perdagangan AS pada hari Selasa menunjukkan pembangunan rumah naik 3,6% menjadi 894.000 unit, level tertinggi sejak Juli 2008, yang mementahkan ekspektasi penurunan menjadi 840.000 unit dari para ekonom. Sedangkan angka bulan sebelumnya direvisi turun menjadi 863.000 unit dari publikasi sebelumnya 872.000 unit.
Departemen Perdagangan juga menyampaikan jika Badai Sandy yang menghantam Pantai Timur AS pada akhir Oktober lalu tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap data bulan Oktober.


Sumber Berita : www.seputarforex.com

No comments:

Post a Comment