Monday, November 26, 2012

Obligasi Spanyol Turun, Perbankan Kena Downgrade


Obligasi pemerintah Spanyol 10-tahun turun setelah menguat selama 3-hari, penurunan ini terjadi setelah Standard and Poors memangkas peringkat pada tiga bank Spanyol.
Sebaliknya obligasi Jerman menguat setelah data kepercayaan bisnis di negara perekonomian terbesar di Eropa secara tak terduga naik di bulan November, sehingga sempat meredam untuk permintaan safe haven.

Obligasi Spanyol dipangkas penguatan mingguannya setelah S&P mengatakan  bahwa kekhawatiran untuk bank nasional telah meningkat ditengah tingginya resiko kredit untuk rumah tangga, perusahaan dan sektor publik. Sedangkan obligasi 10-tahun Yunani jatuh untuk pertama kalinya dalam 11 hari.

Sementara Memburuknya kondisi ekonomi Spanyol telah memperbesar resiko untuk sektor perbankan, menurut lembaga pemeringkat perusahaan Standard & Poor’s Corp. Hal tersebut mempertegas korelasi kuat antara tekanan ekonomi, rating hutang pemerintah dengan pinjaman perorangan, perusahaan serta bank.
Dalam kesempatan yang sama S&P juga menurunkan rating 3 bank Spanyol, termasukIbercaja dan Bankinter, dan mempertahankan outlook negatif pada rating semua bank Spanyol. Sehingga lebih memperbesar peluang untuk downgrade dibandingkan upgrade.
Sepanjang tahun 2012 S&P telah memangkas rating hutang pemerintah Spanyol sebanyak 2 kali, termasuk downgrade 2 tingkat ke level terendah investment grade ‘BBB-’ pada bulan Oktober silam. Lembaga pemeringkat ini juga masih mempertahankan outlook negatif pada rating hutang pemerintah, yang menurut mereka telah menjadi alasan utama untuk memberikan outlook negatif pada sektor perbankan Spanyol.

No comments:

Post a Comment