Friday, November 23, 2012

Kreditor Yunani menuju mufakat


Strategydesk - Kreditor internasional menyepakati langkah baru untuk memangkas tumpuka utang Yunani. Tapi harus mencari cara untuk mengisi gap 10 miliar euro agar mendapat persetujuan IMF untuk mengucurkan bailout Yunani.
IMF sepakat untuk menganggap utang Yunani terkendali bila berhasil diturunkan ke 124% PDB pada 2020, diperlonggar dari sebelumnya target 120%, menurut salah satu pejabat Yunani yang tak bersedia disebutkan namanya dan mengetahui proses pembicaraan. “Eurogroup sepakat untuk mengurangi utang Yunani menjadi 130% PDB pada 2020, berarti itu ada kekurangan 5-6% yang harus ditanggung, atau sekitar 10  miliar euro,” katanya.
Sayangnya pejabat itu tidak menyebutkan apa langkah yang dilakukan untuk mengurangi utang dari 144%. Pejabat senior lainnya yang terlibat dalam negosiasi mengkonformasi IMF meneriman target 124% tapi mengatakan perkiraan jumlah gap yang harus ditanggung hanya 10 miliar euro terlalu optimis.
Kreditor internasional gagal mencapai kesepakatan pertengahan minggu ini soal bagaimana menurunkan utang Yunani dan berencana menggelar pertemuan ketiga minggu depan untuk menuntaskan masalah itu. Menurut dokumen yang ada dalam pertemuan itu, Yunani tidak bisa menurunkan utangnya ke 120% PDB sampai 2020, kecuali anggota zona euro menghapus sebagian utangnya, gagasan yang ditolak Jerman karena dianggap ilegal.
Dokumen itu juga menyebut beberapa opsi, termasuk menggunakan 10 miliar euro untuk membeli kembali (buy back) obligasi dengan harga 30-35 sen. Ada juga proposal untuk memangkas bunga pinjaman dan memperpanjang angsuran, semua dapat mengurangi beban utang. Menurut proyeksi pemerintah saat ini, utang Yunani diperkirakan 340,6 miliar euro, atau 175,6% PDB pada akhir 2012. Utang diperkirakan membengkak jadi 357,7 miliar, atau hampir 191%, pada 2015.

No comments:

Post a Comment