Thursday, November 22, 2012

Kongres AS Sadari Efek Domino Jurang Fiskal


Tampaknya Konsumen AS mengalami penurunan keyakinan dibanding ekspektasi pada akhir November berdasarkan data yang dilaporkan Thomson Reuters / Univ. Michigan.
Indeks sentimen konsumen final untuk bulan November jatuh ke 82.7 dibandingkan laporan awal November sebesar 84.9, dibawah estimasi ekonom sebesar 83.5.
Indeks kondisi terkini dilaporkan melemah ke 90.7 dibandingkan 91.3, sementara indeks ekspektasi melorot ke 77.6 dibandingkan sebelumnya 80.8.
Meskipun terjadi penurunan data bulan November, namun secara keseluruhan sentimen telah mengalami trend kenaikan sejak musim panas lalu karena para konsumen melihat adanya perbaikan lapangan kerja.
Kemandekan data bulan November ini mencerminkan kecemasan jurang fiskal AS, hasil pemilu Presiden AS dan imbas dari bencana badai Sandy.
Dalam komponen laporan Michigan ini, dilaporkan ekspektasi inflasi tahunan naik menjadi 3.1% dibandingkan sebelumnya 3.0%. Adapun ekspektasi inflasi dalam 5- 10 tahun kedepan masih tidak berubah pada 2.8% sesuai perkiraan sebelumnya.
Senator Mark Warner dari partai Demokrat merasa optimis bahwa kesepakatan Kongress AS terkait kebijakan fiskal dan anggaran akan dapat diselesaikan sebelum tenggat waktu.
Alasannya menurut Senator Warner adalah pemimpin politik yang dikenal dengan Gang of Six telah mengerjakan perencanaan selama 2,5 tahun terakhir ini, selain itu Kongress juga telah didesak oleh berbagai komunitas bisnis.
Hampir seluruh anggota Kongres juga telah menyadari efek domino yang dapat ditimbulkan jika jurang fiskal dibiarkan terjadi dan mengirimkan ekonomi kembali ke fase resesi, oleh sebab itulah berbagai komunitas bisnis yang merasa sadar diri terlihat lebih rela untuk dinaikkan pajaknya agar dapat berkontribusi mengurangi level defisit AS yang telah mencapai angka $16 trilyun.

No comments:

Post a Comment