Friday, November 23, 2012

Jum'at Depan, Parlemen Jerman Akan Adakan Voting Suara Terkait Bailout Yunani


Euro melonjak ke posisi tertinggi 3-minggu versus Dollar AS  di tengah harapan bahwa kreditur internasional akan segera menyepakati bantuan tahap berikutnya untuk Yunani.

Penguatan Euro  terbantu oleh data yang menunjukkan aktivitas manufaktur zona Euro yang tidak seburuk ekspektasi pada bulan November, sehingga meredakan kekhawatiran tentang resesi yang lebih dalam. Namun pemulihan Euro terlihat rapuh seiring masih suramnya prospek ekonomi dalam beberapa bulan mendatang, yang menjaga kemungkinan penurunan suku bunga oleh European Central Bank.
Saeed Amen analis forex dari Nomura mengatakan :

"Minimnya berita buruk pada hari Kamis telah membantu Euro beranjak lebih tinggi, setelah sempat tertekan oleh kegagalan kreditur internasional dalam menyepakati bantuan untuk Yunani pada awal pekan ini,"
Imbal hasil obligasi Yunani dan Spanyol yang bergerak lebih rendah juga turut menopang sentimen pasar, yang menurut para trader telah mendorong sejumlah pembelian oleh investor AS.

Sementara Parlemen Jerman diperkirakan akan mengadakan voting  suara untuk menyetujui bantuan lebih lanjut untuk Yunani pada Jumat tanggal 30 November mendatang . Tampaknya  Parlemen harus menyetujui berbagai bantuan untuk Yunani karena Jerman merupakan bagian dari kesepakatan itu.
ketidaksepakatan diantara para pemimpin masih berlanjut. Menteri keuangan Jerman Schaeuble menentang pemotongan anggaran pada sektor publik dari utang Yunani, karena itu berarti bahwa Yunani tidak akan menerima lebih banyak dana, sementara Asmussen dari ECB menantang pandangan itu dan dia mengatakan bahwa semua melihat pemotongan pada sektor publik sebagai garis merah sehingga harus dipersiapkan untuk bergerak pada isu-isu lainnya.

No comments:

Post a Comment