Thursday, November 22, 2012

Bank Of Engalnd Tak Akan Turunkan Suku Bunga Dalam Waktu Dekat


Streling mencapai level tertinggi dalam satu minggu terhadap euro setelah menteri keuangan Eropa gagal mencapai kesepakatan untuk mengurangi utang bagi Yunani dan juga dikarenakan para pembuat kebijakan Bank of England mengisyaratkan tidak akan menurunkan suku bunga.
Penguatan ini  bertahan pada hari keempat terhadap dollar AS setelah minutes bank sentral pada pertemuan bulan November menunjukkan voting pejabat bank sentral yang hasilnya  8-1 untuk menghentikan perluasan program pelonggaran kuantitatif pada bulan ini. Sebagian besar pembuat kebijakan mengatakan ketidakpastian di kalangan konsumen dan perusahaan dapat mempengaruhi dampak dari program stimulus perekonomian.
Neil Jones, ekonom di Mizuho Corporate Bank Ltd di London mengatakan, “Fakta bahwa Bank of England menunjukkan bahwa mereka tidak akan menurunkan suka bunga dalam waktu dekat ini cukup mendukung penguatan pound. Bank sentral masih membukakan pintu untuk stimulus lanjutan. Bagi saya sterling positif. Ketidakpastian di zona euro juga membantu penguatan pound.”

Sementara sterling menjangkau level tertinggi 2-minggu versus Greenback pada hari Rabu, dipicu oleh minutes pertemuan Bank of England yang menunjukkan kecilnya peluang pelonggaran moneter lebih lanjut dalam waktu dekat.

Minutes  menunjukkan hanya satu pembuat kebijakan yang menyerukan ekspansi QE. Namun para analis memperkirakan jika apresiasi Sterling masih akan terbatas mengingat QE lebih lanjut masih berpeluang dilakukan pada awal 2013. Data pinjaman sektor publik Inggris yang lebih tinggi dari estimasi juga menyoroti kekhawatiran tentang upaya pemerintah memangkas defisitdi tengah kondisi ekonomi yang lemah.
Analisa Mata Uang Societe Generale  mengatakan, "Tidak banyak yang menyukai Sterling saat ini. Dengan BoE yang menyatakan tidak keberatan memiliki mata uang lebih lemah, menjadi lebih sulit bagi Sterling untuk beranjak menguat, Penurunan Sterling hingga di bawah area $1.5850 berpotensi memicu kejatuhan lebih dalam menuju area $1.56 atau bahkan $1.55.

No comments:

Post a Comment