Wednesday, November 21, 2012

Hutang Yunani Capai 144% , Senin Depan Eurogrup Adakan Pertemuan Kembali


Kegagalan para menteri keuangan zona Euro untuk meraih kesepakatan terkait kondisi untuk mengucurkan dana penyelamatan tahap berikutnya bagi Yunani, mereka berencana untuk mengadakan rapat ulang di hari Senin  mendatang untuk melanjutkan diskusi tersebut.

Kesulitan ini disebabkan juga kebutuhan pendanaan Yunani yang membengkak hingga 33 milyar Euro diatas estimasi sebelumnya hingga 2016 akibat resesi Yunain yang lebih dalam merusak asumsi anggaran  yang telah dibuat 6 bulan lalu ketika para kreditur menyepakati bailout tahap kedua untuk Yunani.
Angka ini dianggap terlalu besar bagi sebagian pejabat Jerman dan member zona Euro lainnya, yang telah menyepakati total pinjaman untuk Yunani sebesar 200 milyar Euro, serta mengatur restrukturisasi utang yang ketat pada Yunani.
Total hutang Yunani kini mencapai 144% dari GDP hingga 2020, jauh diatas target. Maka untuk menutupi selisih tersebut, beberapa langkah tambahan perlu diambil oleh Troika.
Yunani dapat diberikan pinjaman tambahan sekitar 60 milyar surat utang yang masih dimiliki oleh kreditur swasta dengan harga diskon dan ECB yang memiliki surat utang Yunani senilai 40 milyar Euro dapat mendaur ulang laba yang dihasilkan ketika obligasi tersebut jatuh tempo ke pemerintah Yunani.
Sementara Jerman  memberikan sinyal untuk menyediakan pembiayaan tambahan pada dana bailout zona Euro dan menerima tingkat suku bunga yang lebih ringan pada pinjaman Athena, agar dapat meraih kesepakatan paket penyelamatan Yunani tahap selanjutnya senilai 44 milyar Euro.
Inisiatif Jerman ini dirilis beberapa jam setelah rapat yang menegangkan antara para menteri keuangan zona Euro dan IMF gagal meraih kesepakatan pada isu fundamental untuk mengucurkan bailout Yunani dan akhirnya ditunda pada rapat hari Senin pekan depan.
Angela Merkel yang merupakan Kanselir Jerman, menyarankan para pemangku kebijakan konservatif Jerman di hari Rabu bahwa salah satu solusi untuk melancarkan kucuran dana bailout tersebut adalah mengkombinasikan pemangkasan bunga pinjaman ke Yunani dan menambah dana EFSF untuk membantu Athena menutupi celah defisit yang membahayakan.


Sumber Berita: Rachmat-SeputarForex.com

No comments:

Post a Comment