Monday, November 26, 2012

Euro Menguat, Kreditur Siap Sepakati Bailot Yunani

Diakhir pekan perdagangan, Euro melesat ke posisi tertinggi 3-minggu versus Dollar AS di tengah optimisme bawah kreditur internasional akan segera menyepakati pencairan dana bantuan tahap berikutnya untuk Yunani.

Rebound indeks sentimen bisnis Jerman juga turut menopang apresiasi Euro. Namun suramnya prospek ekonomi zona Euro dan potensi pelonggaran kebijakan lebih lanjut dari European Central Bank terlihat masih membatasi penguatan mata uang tunggal.

kepala strategi mata uang pada Wells Fargo di New York  mengatakan;  "Tanpa mengesampingkan peluang tercapainya kesepakatan atas bantuan Yunani, beberapa berita lain menunjukkan jika kendala teknis dan hukun masih tersisa. Itu mengindikasikan jika potensi kegagalan masih membayangi.

Sementara Kanselir Jerman Angela Merkel pada Jumat (23/11) mengatakan meragukan pemimpin Uni Eropa mencapai kesepakatan mengenai anggaran 2014-2020 blok itu sebesar satu miliar euro, yang diperjuangkan dengan hangat.

"Saya pikir kita maju sedikit, tapi saya ragu bahwa kami akan mencapai kesepakatan," kata Merkel ketika setelah sidang pertama perundingan, yang ditangguhkan sampai Jumat.

Para pemimpin Uni Eropa pada Jumat menyerukan penskorsan pembicaraan yang bertujuan mencapai kesepakatan mengenai anggaran jangka panjang yang diperjuangkan dengan semangat, demikian seorang diplomat Uni Eropa mengatakan.

Dan Parlemen Jerman diperkirakan akan mengadakan voting  suara untuk menyetujui bantuan lebih lanjut untuk Yunani pada Jumat tanggal 30 November mendatang . Tampaknya  Parlemen harus menyetujui berbagai bantuan untuk Yunani karena Jerman merupakan bagian dari kesepakatan itu.

No comments:

Post a Comment